logo

Jurnal Kegiatan Praktek Industri

Jurnal Kegiatan Praktek Industri

JURNAL KEGIANTAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI 

PENDAHULUAN 

LATAR BELAKANG MASALAH 
Kehidupan masyarakat disemua belaha dunia mengalami perubahan yang dramatis dari segala aspek, kemajuan technologi, informasi, komunikasi dan transportasi membuat dunia menjadi desa global tanpa batas. Berdasarkan uraian diatas SMK merupakan salah satu lambaga pendidikan yang dapat mejadi andalan dalam menyiapkan SDM yg bermutu tinggi untuk menjawab semua problematika di era globalisasi. SMK lembag pendidikan yang mengutamakan penyiapan peserta didik untuk memasuki dunia kerja serta mengembangkan profesionalisme, sesuai dengan kurikulum SMK sebagai pranata utama untuk membangun SDM.

Pendidikan SMK bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan, pengetahuan,kepribadian,akhlak mulia serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut sesuai program kejuruan.
Selain praktek SMK juga menyelenggarakan prakerin dengan tujuan untuk meningkitkan mutu pendidikan dan latihan serta meningkatkan etos kerja sebagai persiapn dalm dunia kerja yang sangat ketat persaingannya. Prakerin adalah bentuk penyelenggaraan pendidikan kesatuan professional yang memadukan secar sistematis dan sinkron program pendidikan sekolah dan program penguasaan keahlian yang diperoleh melalui kegiatan belajar langsung di dunia kerja terarah untuk mencapai suatu tingkat keahlian professional.

 JURNAL KEGIANTAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI




 Disusun oleh : Boleh saja 
 XI AKUTANSI 
DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN BUNGO 
SMK NEGERI 1 PELEPAT ILIR TAHUN PELAJARAN 2012/2013 

KATA PENGANTAR
Puji syukur Kehadirat Allah Yang Maha Pengasih tak pilih kasih yang maha penyayang yang sayangnya tiada terbuang yang telah menumpahkan rahmat dan karunianya sehingga penulisan laporan prakerin ini dapat diselesaikan dengan baik guna sebagai pertanggung jawaban selama melaksanakan praktek kerja industri di dunia usaha kepada SMKN 1 Pelepat Ilir.

Terselesaikannya penulisan laporan prakerin ini berkat bantuan dan bimbingan dari berbagai pihak dari yang bersifat material maupun spiritual. Oleh sebab itu dalam kesempatan ini kami hanturkan ucapan terima kasih kepada yang terhormat : Bapak Ir. Agus Purwanto, selaku kepala SMKN 1 Pelepat Ilir Bapak/ibu guru jurusan Akutansi SMKN 1 Pelepat Ilir selaku pembimbing prakerin Bapak/ibu pembimbing lapangan di DU/DI Semua pihak yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu yang ikut memberikan masukan dalam penulisan laporan ini. Harapan kami semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi siswa/siswi SMKN 1 Pelepat Ilir pada khususnya dan bagI pembaca pada umumnya.


Pelepat Ilir, 20 Januari 2012

Penulis, Boleh saja 



  1. DAFTAR ISI 


  • KATA PENGANTAR 
  • PENDAHULUAN 
  • LATAR BELAKANG 
  • TUJUAN 



STRUKTUR ORGANISAKI DUDI / INSTANSI

ISI

  • SURAT SETOR SN BICAN PAJAK 
  • PENGECEKAN SERTIFIKAT 
  • KWITANSI 


PENUTUP

  • KESIMPULAN 
  • SARAN DIRI SENDIRI 
  • SARAN DUDI/ ISNTANSI 
  • SARAN SEKOLAH 


TUJUAN PRAKERIN
Meningkatkan mutu agar memiliki keterampilan yang professional dan atas kerja yang baik. Mempererat hubungan kerja antara lembaga sekolah dan industri. Meningkatkan efisiansi yang professional ISI Mengidentifikasi surat setoran bukan pajak ( SSPB ).
Untuk mengidentifikasi SSPB terlebih dahulu pisalikan SSPB tersebut sesuai dengan kegiatannya, di dalam SSPB ada 7 kegiatan setelah semua kegiatan di pisahkan urutan dari tanggal terkecil sampai tanggal terbesar. Untuk sementara catatlah data kegiatan yg telah tersusun sesuai tanggal kedalam kertas termasuk beberapa jumlah uang yang akan di keluarkan oleh SSPB tersebut Contoh : Jenis kegiatan : Pendaftaran tanah pertama kali Tanggal : 02 juni 2008 Nominasi : Rp.4151.420 Kas 4. 151.420 Pendapatan 4.151.420 Menghitung uang pengecekan serifikat langkah awal ambil sertifikat dan data sertipikat yang akan dicek. Di dalam data sertifikt terdapat uang tunai sesuai berapa jumlah sertipikat yg akan di cek makadari itu kita harus terlebih dahulu menghitung berapa setrifikat yg akan dicek agar sesuai dg data yang di ajukan oleh notaris tertentu. Setelah sesuai cocokan No sertifikat asli dengan No dalam data sertifikat setelah cocok ambil uang pengecekan sertifikat sebesar Rp.150.000/setrifikat, dan begitu seterusnya lalu setelah semua selesai buatlah kwitansi sebagai bukti bahwa sertifikat tersebut sudah dicek.
No sertifikat : 161
No data sertifikat : 02186161
Nominal : 150.000 X Banyak sertifikat Misalnya 20 sertifikat yang akan dicek maka 20 X 150.000 = Rp.3000.000 Menjumlahkan nominal uang di dalam kwitansi untuk menghitung berapa besar uang yang terdapat didalam kwitansi pertama kita ambil kwitansi yg di keluarkan selama 1 bulan misalnya 30 kwitansi masing-masing nominal yang terdapat di kwitansi tersebut di catat di buku bulanan tertentu setelah seluruhnya selesai di catat hitunglah jumlah keseluruhan uang yang telah diterima perusahaan selama 1 bulan misalnya : Tanggal Nominal 1. 1.250.000 1. 280.000 5. 1.500.000 9. 1.100.000 + - 4.130.000 Setelah selesai laporkan ke bagian keuangan untuk di buat jurnal kas masuk selama 1 bulan.

KESIMPULAN
Surat setoran bukan pajak atau surat yang di buat perusahaan untuk memberikan kepada notaris agar membayar sebanyak nominal yang telah di tentukan oleh perusahaan tersebut. Pengecekan sertifikat dilakukan untuk memastikan apakah sertifikat tersebut telah sesuai atau belum membutuhkan dana sebesar-Rp.150.000/ sertifikat.

Kwitansi atau tanda bukti terjadinya pembayaran yang di tanda tangani oleh pihak penerima uang.
Kwitansi harus dibubuhi material pada jumlah tertentu sesuai peraturan yang berlaku. Saran : Diharapkan kepada pembaca agar dapat membandingkan konsep kerja disekolah dan si dunia usaha. Di dalam laporan ini tlah di tuliskan hal-hal yang berkaitan dengan akutansi walau hasilnya jauh dari sempurna, mudah-mudahan laporan ini bias menjadi modal unuk mendalami ilmu akutansi. Dan penulisan laporan ini saya mengharapkan kritik dan saran dari pembaca yang sifatnya membangun dan bias di jadikan petunjuk untuk laporan selanjutnya.

Saran DUDI :
Diharapkan untuk DU/DI (Dunia Usaha) agar dapat meningkatkan mutu kerja yang professional. Meningkatkan disiplin dalam melaksanakan peraturan yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Memberikan bimbingan kepada peserta didik agar dapat lebih mengerti system kerja dalam suatu perusahaan.
Saran Sekolah : Diharapkan kepada pihak sekolah agar dapat lebih meningkatkan pengawasan kepada peserta didik yang sedang melakukan prakerin di dunia usaha agar tidak ada terjadinya penyimpangan-penyimpangan yang bersifat negative yang tidak diharapkan.
Selain pengawasan yg baik pihak sekolah pun harus memberikan semangat agar tidak ada peserta didik yang mengeluh akan prakerin yang berpindah dari satu perusahaan ke perusahaan lain.
Agar terlaksanakannya prakerin yang baik diharapkan pihak sekolah lebih menegaskan peraturan prakerin guna menjadikan peserta didik yang berkualitas.